menu

Senin, 22 Desember 2014

Timbangan Analitik Elektrik



Merupakan timbangan yang dipakai untuk mendapatkan massa (berat suatu contoh) bahan. Timbangan ini merupakan termasuk dalam golongan timbangan analitik elektrik (menggunakan listrik). Cara kerja :

Cara kerja :
  1. Sebelum dan sesudah memakai alat ini bersihkan ruangan timbangan dengan kuas yang tersedia. Selanjutnya hubungkan timbangan dengan arus listrik.
  2. Pastikan bahwa posisi timbangan dalam keadaan datar.
  3. Tekan tombol “ON”. Segera akan tampak di layar sistem kalibrasi yang dilakukuan oleh timbangan secara otomatis. Tunggu sebentar sampai timbul tampilan “OK”, biarkan dalam posisi demikian selama 30-60 menit sebelum alat digunakan (posisi standby).
  4. Siapkan botol timbang atau gelas arloji kosong, bersih dan kering. Kemudian tempatkan diatas piring timbang, panel yang semula tampak 0.0000 akan segera berubah menunjukkan berat gelas arloji/botol timbang. Catat jika diperlukan data ini. Tekan tombol “Zero” atau “Tara”, maka panel akan segera berubah lagi 0.0000. Pada posisi demikian timbang bahan sesuai dengan berat yang diperlukan. Tunggu sampai berat konstan dengan menutup pintu ruang timbangan. Catat hasilnya, keluarkan dari ruang timbangan.
  5. Setelah selesai menimbang, tekan tombol “OFF”. Jangan lupa bersihkan ruangan timbangan dengan kuas yang tersedia.
  6. Hal yang belum jelas dapat ditanyakan pada instruktur.
 
Artikel Terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar